Rancangan Aplikasi Laporan Keuangan Pada PT. Mentari Gorontalo Mootilango

  • Muthia Muthia Universitas Negeri Gorontalo
  • Manda Rohandi Universitas Negeri Gorontalo
  • Arif Dwinanto Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penggunaan microsoft exel dalam pengolahan data keuangan pada PT Mentari Gorontalo Mootilango dinilai kurang efisien, karena setiap pembuatan laporan baru, harus membuat file baru dan juga memasukan rumus-rumus kembali secara manual, hal ini dinilai memperlambat proses dalam pembuatan laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah merancang Sistem Laporan Keuangan pada PT. Mentari Gorontalo Motilango. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system Prototipe. Hasil dari penelitian ini merupakan rancangan sistem aplikasi keuangan yang dapat di gunakan pada PT. Mentari Gorontalo yang dibangun berdasarkan tahapan-tahapan yang meliputi pengumpulan data, analisis data, analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pengujian sistem dan impelmentasi sistem. Sistem Laporan Kenuangan mampu membantu perusahaan khususnya pada bagian manajemen keuangan dalam melakukan pengelolaan keuangan serta pelaporan data keuangan.

Keywords: Aplikasi, Sistem Pelaporan Keuangan, Metode Protoipe

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharmawan, Steven, W. Purwaningtias, D. Dan Risdiansyah, D. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol.6, No.2.

Djarwanto, P.S., dan Pangestu Subagyo. (2012). Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Margaretha, Anita, H. Nababan, NK, M. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Berbasis Web Studi Kasus PT. Karya Swadaya Abadi. Saintek (Jurnal Sains Dan Teknologi). Vol.1, No.2.

Palit, V, R. Rindengan, D.Y, Y. Dan Lumenta, S.M, A. (2015). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer. Vol.4, No.7.

Rosadi, Dadi. Lousiani, Ussi. (2012). Aplikasi Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Web. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.6, No.2.

Sugiarto, dan Dergibson, S. (2002). Metode Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Hal 208 – 217.

Sukamto, A., Shalahuddin, R, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Tazkia, Zade, Z. (2019). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Laba Rugi Pada Restoran Eatboss Dengan Menggunakan PHP Dan MySQL. Jurnal Accounting Information Systems And Information Technology Business Enterprise. Vol.1, No.1.

Toar, Ester. Nintias, Ayu, M, I. Dan Bawole, C. (2020). Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Pada PT PLN UP3 Kotamobagu. Jointer : Journal Of Informatics Engineering. Vol.1, No.2

Utami, Dwi, R. (2014). Sistem Infromasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Berbasis Multiuser (Studi Kasus Di Toko Lestari). Jurnal Mahasiswa. Vol.1, No.1.

Published
2022-12-31
How to Cite
Muthia, M., Rohandi, M., & Dwinanto, A. (2022). Rancangan Aplikasi Laporan Keuangan Pada PT. Mentari Gorontalo Mootilango. Jurnal Teknik, 20(2), 132-138. https://doi.org/10.37031/jt.v20i2.286
Abstract Views : 216 | DOWNLOAD PDF Views : 257

Most read articles by the same author(s)