Optimalisasi Pengelolaan Surat Keputusan Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo

  • Abdulrahmat E Ahmad Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohammad Hidayat Koniyo Universitas Negeri Gorontalo
  • Lillyan Hadjaratie Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Pengelolaan surat keputusan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo saat ini masih mengalami beberapa kendala, mulai dari keterlambatan dalam menanggapi proses pengusulan surat keputusan, proses pembuatan surat yang memakan waktu sangat lama, hingga pendistribusian surat tidak sampai kepada yang mengusulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan surat keputusan dengan menggunakan sistem informasi dan teknologi web service untuk pertukaran data antar sistem yang berhubungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan sistem Prototype. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan sistem informasi manajemen surat keputusan berbasis web service, pengelolaan surat keputusan lebih optimal. Sistem ini dapat mengolah nomor surat keputusan secara otomatis dan dapat memonitoring pengusulan, pembuatan dan disposisi surat. Penggunaan sistem informasi manajemen surat keputusan memudahkan pengelolaan surat keputusan yang ada dilingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo.

Keywords: Pengelolaan Surat, Web Service, Prototype, Optimalisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. 2008. Jurnal Ilmiah Pengembangan Sistem Informasi Tata Persuratan Menggunakan UML dan Natural Language Processing. Jurnal Informatika Komputer, Vol. 13, No. 3.

Deviana, H. 2007. Penerapan XML Web Service pada Sistem Distribusi Barang. Jurnal Generic, (Online), Volume 6, No. 2, (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=122577&val=5501, diakses 25 mei 2017).

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi Offset.

Purnomo, H., dan Zacharlas, T. 2005. Pengenalan Informatika Perspektif Teknik dan Lingkungan. Yogyakarta : Andi.

Tidwell, D. 2001. Web Service: The Web’s next Revolution, (online), (http://www6.software.ibm.com/develo perworks/education/wsbasic/wsbasica4.pdf, di akses 29 mei 2017).

Wardana. 2012. Menjadi Master PHP dengan Framework CodeIgniter. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Published
2018-06-04
How to Cite
Ahmad, A. E., Koniyo, M. H., & Hadjaratie, L. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Surat Keputusan Pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Teknik, 16(1), 33-48. https://doi.org/10.37031/jt.v16i1.13
Abstract Views : 152 | Download PDF Views : 140