Sistem Informasi Geografis Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Mobile Web

  • Ramadan Nuryansah Haras Universitas Negeri Gorontalo
  • Arip Mulyanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Tajuddin Abdillah Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan membangun Sistem Informasi Geografis (SIG) TPA berbasis mobile web untuk memudahkan masyarakat dalam mencari lokasi TPA dikota Gorontalo yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus pengembangan SIG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIG TPA dapat menyajikan informasi secara ringkas dan jelas berupa gambar peta dan informasi mengenai TPA sehingga orang tua dapat memilih TPA yang sesuai keinginan dan kebutuhan. SIG TPA juga dapat membantu petugas TPA dalam menyajikan informasi TPA kepada masyarakat dan mendata santri dengan cepat. Selain itu, SIG TPA membantu pemerintah daerah khususnya Kementrian Agama dalam mendata, mengontrol dan mengawasi TPA yang berada di Kota Gorontalo.

Keywords: Sistem Infomasi Geografis, SIG, TPA, Mobile Web

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buffalo. (2004). GIS development guide. Buffalo: Departement of Geography University of Buffalo. Retrieved from http://www.ncgia.buffalo.edu/ncgia/sara/volumei.pdf.

Gufroni, A., Hiiron, N., Rachman., A.N dan Malik. (2013). Implementasi google maps API dalam aplikasi mobile penghitung jarak aman dari dampak kemungkinan letusan Gunung Galunggung. Paper presented at Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2013. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/174806-ID-implementasi-google-maps-api-dalam-aplik.pdf.

Haras, R.N., (2019). Sistem informasi geografis Taman Pendidikan Al-Qur’an berdasarkan metode pembelajaran berbasis mobile web. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo. Indonesia.

Muntoha, Jamroni, dan Jabbar, A. A. (2015). Pemanduan manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Masjid Arofah Jogjakarta. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. September 2015, 4(3), 155-160.

Sugandi, D., Lili, S., dan Sugito, NT. (2009). Sistem informasi geografi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Toyibah, M.V., dan Kusumaningrum. (2016). Sistem informasi geografis pemetaan lokasi pondok pesantren berbasis android. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Dian Nuswantoro. Semarang. Indonesia. eprints.dinus.ac.id › jurnal_16132

Zulfakar. (2013). Sistem informasi geografis pesantren wilayah Daerah Istimewa Yogjakarta berbasis mobile android. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogjakarta. Indonesia.

Published
2019-06-03
How to Cite
Haras, R. N., Mulyanto, A., & Abdillah, T. (2019). Sistem Informasi Geografis Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Mobile Web. Jurnal Teknik, 17(1), 19-27. https://doi.org/10.37031/jt.v17i1.40
Abstract Views : 704 | Download PDF Views : 583