http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/issue/feedJurnal Teknik2023-03-31T04:32:26+00:00Arip Mulyantoarip.mulyanto@ung.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Teknik is a peer-reviewed journal published by State University of Gorontalo. Jurnal Teknik is published two times annually, in June and December. Jurnal Teknik provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish scientific articles. The scope of the articles listed in this journal is related to various topics such as Civil Engineering, Electrical Engineering, Informatics Engineering, Craft Engineering, Architecture, Industrial Engineering, Mechanical Engineering, Engineering Education, and other related engineering fields.</p> <p>All manuscripts sent to the Jurnal Teknik editor are accepted in Bahasa Indonesia or English. Since 2019, Open Journal Systems (OJS) has been applied for all business process in Jurnal Teknik. Therefore, authors are required to register in advance and to upload the manuscript online. The manuscript progress could be monitored through OJS. Authors, readers, editorial board, editors, and peer review could obtain the real-time status of the manuscript.</p> <p>Please read these journal guidelines and template carefully. Authors who would like to submit their manuscript should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not in accordance with the guidelines or is written in a different format, it will <strong>BE REJECTED</strong> by the editors before being reviewed. The editors will only accept manuscripts which meet the assigned format.</p>http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/311Persepsi Pengemudi Ojek Online terhadap Titik Kumpul di Kota Bandung2023-03-31T04:29:17+00:00Asta Juliarman Hattaastajuliarmanhatta@ung.ac.idAllis Nurdiniastajuliarmanhatta@ung.ac.idDara Fitrianiastajuliarmanhatta@ung.ac.id<p>Moda transportasi online muncul pada tahun 2011 dan mulai berkembang di tahun 2015 dengan penambahan layanan lainnya. Jenis moda transportasi yang menggunakan motor sebagai alat transportasinya disebut sebagai ojek online (ojol). Kemunculan ojek online menimbulkan maraknya titik kumpul pengemudi yang mengambil lahan ruang publik sebagai titik kumpul. Salah yang dijadiikan titik kumpul oleh pengemudi ojol yaitu Jalan Pelesiran. Studi ini bertujuan untuk mengungkap alasan atau faktor yang menjadi penyebab suatu tempat menjadi titik kumpul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan <em>grounded-theory</em>. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei, observasi, dan wawancara. Respon (jawaban) dari pengemudi dikaitkan dengan teori persepsi dan teori <em>nodes</em> yang selanjutnya dibentuk ke dalam kata-kata kunci yang akhirnya menjadi faktor-faktor pengemudi memilih tempat tersebut sebagai titik kumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 faktor pemilihan titik kumpul ojek online yaitu faktor banyak orderan, lokasi strategis, titik jemput, dekat warung, dekat rumah, keamanan, tujuan pengantaran dan komunitas. Dari faktor-faktor yang diperoleh, faktor keamanan dan faktor komunitas merupakan dua faktor pendukung yang dapat diperhatikan lebih lanjut dalam perencanaan titik kumpul oleh perencana kota di masa mendatang. Hal ini dikarenakan kedua faktor tersebut turut memberi andil positif terhadap lingkungan sekitar.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Asta Juliarman Hatta, Allis Nurdini, Dara Fitriani (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/309Expansi Morfologi Perkotaan di Kota Pelabuhan Makassar2023-03-14T08:28:38+00:00Dara Fitrianidarafitriani110394@ung.ac.idNaoki Tsurusakidarafitriani110394@ung.ac.idAsta Juliarman Hattadarafitriani110394@ung.ac.id<p>Artikel ini menelusuri perkembangan morfologi antarmuka kota pelabuhan Makassar selama berabad-abad dalam empat periode waktu yang relevan secara historis yang terbentang dari awal abad ke-20 hingga saat ini. Makassar merupakah kota pasca industri yang memiliki konsep kota waterfront yang menginspirasi pembentukan kota tepi laut lainnya di Indonesia. Proyek reklamasi terbesar di Indonesia sedang dibangun di kota Makassar sebagai kawasan pusat bisnis di Indonesia. Namun, belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengkaji lebih detail tentang kondisi morfologi perkotaan di kota Pelabuhan. Penelitian ini akan membahas proses perubahan expansi morfologi kota Makassar dari waktu ke waktu dari segi tata guna lahan, blok struktur bangunan dan struktur spasial. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kota pelabuhan di kota Makassar telah mengalami perubahan dan perluasan wilayah yang terbagi dalam 4 (empat) Periode waktu yaitu pembangunan, rekonstruksi, revitalisasi dan regenerasi. Jaringan struktur jalan di Kota Makassar secara morfologis terus berkembang tidak teratur dengan banyak simpang miring. Saat ini, pembangunan expansi kota sangat condong ke arah selatan sebagai pemanfaatan daerah baru.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Dara Fitriani, Naoki Tsurusaki, Asta Juliarman Hatta (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/302Evaluasi Purna Huni (EPH) Aspek Teknik Kebisingan Pada Ruang Kelas Persiapan SLB YPAC Manado2023-03-14T08:28:46+00:00Syafriyani Syafriyanisyaf.riyani@ung.ac.idNur Mutmainnahsyaf.riyani@ung.ac.id<p>Penelitian evaluasi purna huni (EPH) dilakukan pada ruang kelas persiapan anak berkebutuhan khusus SLB YPAC Manado yang bertujuan untuk menilai kinerja ruang kelas pada aspek teknik kebisingan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan kegiatan belajar. Proses EPH yang digunakan adalah investigatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen yang menggabungkan hasil kuesioner dan alat ukur kemudian hasilnya dikomparasi dengan standar perancangan sebagai hasil kinerja ruang kelas. Hasil EPH dari analisa pengukuran, perhitungan, dan komparasi menunjukkan kinerja ruang kelas persiapan tunaghrahita SLB YPAC Manado belum memenuhi kebutuhan dan kenyamanan dalam menunjang kegiatan belajar anak tunagrahita dan terjadi sinkron dan kontradiktif antara hasil penilaian responden dan komparasi standar perancangan. Melalui penelitian EPH ini diberikan suatu rekomendasi perbaikan desain sebagai masukan perancangan ruang kelas yang sesuai untuk sekolah khusus ABK kedepannya.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Syafriyani Syafriyani, Nur Mutmainnah (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/286Rancangan Aplikasi Laporan Keuangan Pada PT. Mentari Gorontalo Mootilango2023-03-14T08:29:53+00:00Muthia Muthiamutia@ung.ac.idManda Rohandimutia@ung.ac.idArif Dwinantomutia@ung.ac.id<p>Penggunaan microsoft exel dalam pengolahan data keuangan pada PT Mentari Gorontalo Mootilango dinilai kurang efisien, karena setiap pembuatan laporan baru, harus membuat file baru dan juga memasukan rumus-rumus kembali secara manual, hal ini dinilai memperlambat proses dalam pembuatan laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah merancang Sistem Laporan Keuangan pada PT. Mentari Gorontalo Motilango. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system Prototipe. Hasil dari penelitian ini merupakan rancangan sistem aplikasi keuangan yang dapat di gunakan pada PT. Mentari Gorontalo yang dibangun berdasarkan tahapan-tahapan yang meliputi pengumpulan data, analisis data, analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pengujian sistem dan impelmentasi sistem. Sistem Laporan Kenuangan mampu membantu perusahaan khususnya pada bagian manajemen keuangan dalam melakukan pengelolaan keuangan serta pelaporan data keuangan.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Muthia Muthia, Manda Rohandi, Arif Dwinanto (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/285Pengembangan Aplikasi Group Discussion Berdasarkan Multiple Intelligences2023-03-15T09:16:51+00:00Bait Syaiful Rijalbait@ung.ac.idDian Novianbait@ung.ac.idHuzaima Mas’udbait@ung.ac.idAkhi Ha Runi Nur Rahayubait@ung.ac.id<p>Proses pembelajaran diarahkan untuk dapat berfokus pada bagaimana membuat peserta didik untuk berpartisipai aktif. Salah satu metode dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik adalah melalui metode diskusi. Observasi dilapangan ditemukan bahwa pendidik mengalami kesulitan dalam proses penentuan pembagianan kelompok diskusi. Pembagian kelompok diskusi diharapkan mempertimbangkan ranah kecerdasan peserta didik agar lebih efektif. Berdasarkan permasalahan, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan merancang serta mengembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan terkait masalah pembentukan kelompok diskusi dengan mempertimbangkan <em>multiple intelligences</em> peserta didik. Penelitian yang dilakukan berupa <em>research and development</em> menggunakan model pengembangan <em>waterfall</em>. Pembobotan yang digunakan dalam pengambilan keputusan menggunakan model <em>simple additive weighting</em>. Pengujian kualitas dari aplikasi yang dikembangkan menggunakan standar <em>Web-QEM</em>. Hasil pengujian mendapatkan kesimpulan bahwa aplikasi <em>group discussion</em> berdasarkan <em>multiple intelligences</em> memenuhi penilaian standar kualitas.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Bait Syaiful Rijal, Dian Novian, Huzaima Mas’ud, Akhi Ha Runi Nur Rahayu (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/274Studi Pemanfaatan Limbah Batubara Pabrik Tekstil pada Bata Beton2023-03-14T08:29:59+00:00Nauval Rabbaninauvrabbani@gmail.com<p>Limbah yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara pada industri tekstil utamanya adalah <em>bottom ash, fly ash</em>, dan limbah pendamping. Limbah pembakaran batu bara yang semakin lama semakin meningkat serta diiringi oleh perkembangan sektor industri harus sudah dimulai bagaimana cara pengolahannya. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan limbah batu bara untuk dimanfaatkan sebagai bahan yang memiliki nilai guna dan jual, seperti pemanfaatan sebagai bahan konstruksi bata beton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode substitusi limbah batu bara berupa <em>bottom ash</em> dan limbah pendampingnya yang dimanfaatkan dalam pembuatan bata beton dengan mensubstitusikan bertahap sebagian pasir tersebut dengan limbah-limbah hingga 40%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sebagian limbah batubara pada bata beton mampu meringankan bata beton hingga 22,6%, menyerap air hingga 19,46%, serta meningkatkan kuat tekan sebesar 25%.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Nauval Rabbani (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/291Analisa Pengaruh Beban Kerja Mental Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Nasa-TLX Pada Hekikai Indonesia2023-03-14T08:28:53+00:00Fikri Ramadhanfikri.ramadhan212@gmail.comKusnadi Kusnadifikri.ramadhan212@gmail.com<p>Tingginya <em>demand </em>setiap hari membuat karyawan pada bagian produksi tidak dapat meyelesaikan pekerjaan sesuai target, sehingga karyawan harus melakukan <em>over time</em> untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seringnya <em>over time</em> memiliki dampak terhadap karyawan, baik secara fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan mengukur besarnya beban kerja karyawan departemen PPIC khususnya di bagian produksi menggunakan metode NASA TLX (<em>National Aeronautics and Space Administration Task Load Index</em>). NASA TLX merupakan metode yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar beban kerja mental yang dihadapi oleh karyawan yang berhubungan langsung dengan kegiatan. Metode ini mengukur 6 dimensi ukuran beban kerja yaitu <em>Mental Demand, Physiical Demand, Temporal Demand, Performance, Effort, </em>dan <em>Frustation Level.</em> Berdasarkan skor yang diperoleh, diketahui beban kerja mental tertinggi sebesar 67,33% dan untuk beban kerja mental paling rendah sebesar 54,67%. Jika nilai beban mental terlalu besar maka harus ada perubahan metode dalam mekakukan kegiatan pekerjaan, yang nantinya jumlah <em>over time </em>dan nilai beban kerja mental dapat mengalami penurunan melalui metode NASA TLX.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Fikri Ramadhan, Kusnadi Kusnadi (Author)http://jt.ft.ung.ac.id/index.php/jt/article/view/244Optimalisasi Kebutuhan Pengangkutan Sampah Dan Potensi Reduksi Timbulan Sampah Dengan Metode Mass Balance Di Kecamatan Malalayang Kota Manado2023-03-31T04:32:26+00:00Sharon Victorya Rorirorisharon11@gmail.comSteeva Gaily Rondonuwurorisharon11@gmail.comFabian Johanes Manoppororisharon11@gmail.com<p>Sampah merupakan permasalahan yang semakin sulit untuk diatasi saat ini karena banyaknya faktor pendukung yang terkait yaitu antara lain tingginya gaya hidup masyarakat perkotaan serta kurangnya kemampuan masyarakat dalam memahami pengolahan pereduksian sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar jumlah persebaran timbulan dan komposisi sampah yang dihasilkan dan potensi reduksi timbulan sampah di Kecamatan Malalayang. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Malalayang selama 6 hari kerja dengan pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survey primer dengan data hasil dari observasi dan wawancara dengan pihak terkait dan dengan data survey sekunder. Hasil dari data yang dikumpulkan akan digunakan dalam pemecahan rumusan masalah penelitian dengan menggunakan metode <em>mass balance. </em>Berdasarkan data, bahwa timbulan Sampah per jiwa di Kecamatan Malalayang adalah 2.4 kg/hari.jiwa. Dan dalam presentase keseluruhan komposisi sampah Kecamatan Malalayang terbesar yaitu sampah anorganik senilai 56,52% dan untuk sampah organik senilai 43,48%. Total berat sampah sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk setempat dengan prosentasenya 99% dan total berat residu sampah tidak terlalu berpengaruh pada total keseluruhan komposisi sampah dengan prosentasenya 30%. Sehingga perlu adanya optimalisasi dalam hal pereduksian persampahan.</p>2022-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Sharon Victorya Rori, Steeva Gaily Rondonuwu, Fabian Johanes Manoppo (Author)