Analisis Pengaruh Faktor Modifikasi Respon SRPMK Struktur Gedung Beton Bertulang Pada Balok Kategori Desain Seismik D

  • Budi Rahmad Tangahu Universitas Negeri Gorontalo
  • Kasmat Saleh Nur Universitas Negeri Gorontalo
  • Mirzan Gani Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

parameter kecepatan gelombang Kota Gorontalo masuk dalam kelas situs SD. Hal ini mengaruskan perencanaan bangunan bertingkat didesain sebagai Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus umumnya menggunakan faktor modifikasi respon (R) 8 (SNI 1726;2012), dimana struktur harus berperilaku daktail. Untuk struktur beton bertulang akan mengalami kesulitan dalam pendetailan tulangan. Oleh karenanya dilakukan variasi faktor modifiIkasi respon untuk mengetahui pengaruhnya terhadap simpangan struktur, kapasitas momen balok dan daktilitas balok.  Struktur gedung 5 lantai dianalisis menggunakan faktor modifikasi respon 4, 5, 6, 7 dan  8. Untuk masing-masing faktor modifikasi respon diperoleh simpangan struktur, kapasitas momen dan daktilitas. Kapasitas momen dan daktilitas elemen balok dihitung berdasarkan tulangan yang diperoleh dari hasil desain. Hasil analisis diperoleh bahwa semakin kecil faktor modifikasi respon (R) akan  menghasilkan simpangan struktur makin besar, kapasitas momen makin besar dan daktilitas makin kecil.

Keywords: Kelas Situs, Faktor Modifikasi Respon, Simpangan, Kapasitas Momen, Daktilitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pekerjaan Umum, Desain Spektra Indonesia,http://puskim.pu.go.id/Aplikasi/desain_spektra_indonesia_2011/

Hastomi, (2013). Desain Struktur Beton dengan SRPMK, https://hastomiaf.wordpress.com/2013/09/28/desain-struktur-beton-dengan-srpmk-12/.

Nawy, Edward G. (1990). Beton Bertulang: Suatu Pendekatan Dasar. Bandung : Refika Aditama.

Nurlina, S. Suseno, H. Hidayat M. dan Pratama I, (2016). Perbandingan Daktilitas Balok Beton Bertulang dengan Menggunakan Perkuatan CFRP dan GFRP. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Universitas Brawijaya.

Prabowo, A. dan Lase, Y (2016). Tinjauan Nilai Faktor Modifikasi Respon (R) dan Faktor Kuat Lebih (o) pada Struktur Gabungan Rangka Baja dan Rangka Beton Bertulang dengan Analisis Pushover. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Tarumanegara dan Universitas Indonesia.

Purwono, R dan Tavio. (2007), Evaluasi Cepat Sistem Rangka Pemikul Momen Tahan Gempa, ITS Press, Surabaya.

Purwono, R. (2005). Perencanaan Struktur beton Bertulang Tahan Gempa, ITS Press, Surabaya.

Setiawan, A. (2016). Perancangan Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SNI 2847:2013, Erlangga, Jakarta.

Published
2019-06-03
How to Cite
Tangahu, B. R., Nur, K. S., & Gani, M. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Modifikasi Respon SRPMK Struktur Gedung Beton Bertulang Pada Balok Kategori Desain Seismik D. Jurnal Teknik, 17(1), 57-65. https://doi.org/10.37031/jt.v17i1.21
Abstract Views : 929 | Download PDF Views : 1888